Diberdayakan oleh Blogger.

sapa'an

Followers

RSS

orang terkaya

Amancio Ortega Gaon





















Amancio Ortega Gaonalahir 28 Maret 1936) adalah seorang eksekutif busana Spanyol dan ketua pendiri Inditex kelompok fashion, paling dikenal untuk rantai dari Zara pakaian dan aksesoris toko-toko eceran. Pada awal 2013, ia menduduki peringkat sebagai orang terkaya ketiga di dunia oleh Forbes  dengan kekayaan bersih sebesar USD $ 57000000000. The Bloomberg Billionaires Index pada September 25, 2013 terdaftar Amancio Ortega Gaona sebagai orang terkaya ketiga di dunia dengan melaporkan aset gabungan sebesar USD $ 61600000000. Dia tinggal dengan istri keduanya di sebuah gedung apartemen di Galicia , Spanyol .

Biografi

Anak bungsu dari empat bersaudara, Ortega lahir di Busdongo de Arbas, León , Spanyol, dan menghabiskan masa kecilnya di León. Dia pindah ke Coruña A pada usia 14, karena pekerjaan ayahnya, seorang pekerja kereta api. Masih remaja, Ortega menemukan pekerjaan sebagai tangan toko untuk shirtmaker lokal yang disebut Gala, yang masih duduk di sudut yang sama di pusat kota A Coruña . Pada tahun 1972, ia mendirikan Confecciones Goa (inisial namanya secara terbalik), menjual berlapis mandi yang diproduksi Ortega menggunakan ribuan perempuan lokal diatur dalam koperasi menjahit. Pada tahun 1975, ia membuka pertama Zara toko, disebut demikian karena nama disukainya Zorba sudah diambil. Ia membuka banyak Toko Zara besar selama tahun delapan puluhan seluruh Galicia, di mana beberapa warga mengklaim bahwa Ortega melakukannya dengan uang dari tumbuh narkoba bisnis terjadi di Galicia kemudian.Hari ini, Zara adalah bagian dari Inditex kelompok (Industrias de Diseno Textil Sociedad Anónima), yang Ortega memiliki 59,29%, dan selain dari lebih dari 6.000 toko termasuk merek Zara , Massimo Dutti , Oysho, Zara Depan , Kelas Kiddy itu , Tempe , Stradivarius , Pull and Bear , Bershka dan memiliki lebih dari 92.000 karyawan. 
Ortega menyimpan profil yang sangat rendah dan, sampai tahun 1999, tidak ada foto Ortega yang pernah diterbitkan. Dia pergi ke kopi yang sama setiap hari dan makan siang toko dengan karyawan di kantin perusahaan. Dia menolak untuk memakai dasi dan biasanya mengenakan seragam sederhana blazer biru, kemeja putih, dan celana abu-abu, tidak ada yang merupakan produk Zara. Ia juga mengatakan untuk mengambil bagian yang sangat aktif dalam proses produksi dan desain di perusahaan.
Ketika dia membuat penampilan publik pada tahun 2000 sebagai bagian dari pemanasan sebelum perusahaannya penawaran umum perdana di pasar saham pada tahun 2001, menjadi berita utama di media keuangan Spanyol. Namun, ia hanya diberikan wawancara kepada tiga wartawan yang pernah  dan kerahasiaan itu telah menyebabkan publikasi buku, seperti Amancio Ortega: de cero a Zara (From Zero to Zara).
Pada tahun 2011, Ortega mengumumkan pensiun segera terjadi dari Inditex , perusahaan induk dari rantai Zara, menyatakan bahwa ia akan meminta Inditex wakil presiden dan CEO Pablo Isla untuk mengambil tempat di kemudi kerajaan tekstil. 

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar