Diberdayakan oleh Blogger.

sapa'an

Followers

RSS

program studi pendidikan biologi


Sejarah Biologi FKIP –Pendidikan Bioloi Universitas Jember
     
  Jurusan Biologi FMIPA Unej pertama kali dimunculkan dalam bentuk Laboratorium Dasar  Biologi  berdasarkan SK Rektor  No.6731/PT.32.H/SK/I.7’91 tanggal 23 Juni 1991 tentang dibentuknya Laboratorium Dasar MIPA yang meliputi : Laboratorium Dasar Matematika, Laboratorium Dasar Fisika, Laboratorium Dasar Biologi, dan Laboratorium Dasar Kimia. Saat itu laboratorium dasar  biologi  memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan pada semua kegiatan praktikum bidang ilmu biologi di lingkungan Universitas Jember.itulah sejara singkat tentang program studi biologi
        Biologi adalah ilmu alam yang mempelajari kehidupan dan organisme hidup ,biologi Biologi berasal dari kata Yunani, yaitu bios yang berarti kehidupan dan logos yang berarti pengetahuan. Oleh karena itu, Biologi berarti ilmu pengetahuan tentang kehidupan. Kehidupan adalah bagian dari alam, sehingga Biologi adalah bagian dari ilmu alam (Sains). Jadi pendidikan biologi yaitu  menciptakan para pengajar yang unggul dalam bidang biologi.
   Dimana program studi pendidikan biologi ini bertujuan
  1. Menghasilkan guru yang berkualitas di bidang pendidikan dan pengajaran biologi.
  2. Menghasilkan guru yang berkualitas di bidang penelitian pendidikan  biologi dan mampu mengimplementasikan hasil penelitian untuk memecahkan masalah pendidikan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
  3. Menghasilkan guru biologi yang terampil di bidang  IPTEK.
Pendidikan biologi sangat bermanfaat bagi kehidupan, berikut beberapa manfaatnya :
  1. Memberikan pemahaman lebih mendalam kepada diri seseorang yang dapat diterapkan sebagai dasar untuk meningkatkan taraf hidupnya.
  2. Memberikan pengetahuan akan berbagai sumber daya hayati yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
  3. Memberikan rangsangan pada manusia untuk melakukan diversifikasi pemanfaatan sumber daya hayati sehingga diperoleh sumber baru yang berbeda.
  4. Memberikan pengetahuan untuk melakukan konservasi terhadap sumber daya hayati agar tidak punah. 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar