Diberdayakan oleh Blogger.

sapa'an

Followers

RSS

CAR FREE DAY


MEMBUMIKAN SEMANGAT CAR FREE DAY UNTUK MELESTARIKAN LINGKUNGAN YANG BERKELANJUTAN

 Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor ( car free day ) merupakan sebuah kegiatan yang di lakukan pada tiap minggu sekali yang bertujuan untuk menghimbau dan menginspirasi masyarakat oleh kesadaran akan ke menipisnya cadangan sumber daya alam,khususnya minyak bumi serta meningkatnya emisi gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global, selain itu Tujuan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan mampu mengurangi emisi karbon atau polusi udara akibat gas pembuangan gas kendaraan bermotor serta memberikan alternative ruang terbuka khusus bagi masyarakat yang dapat digunakan untuk berolahraga dan bermain.
  Beberapa kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraan Car Free Day antara lain kurangnya kesadaran pengguna kendaraan bermotor untuk menghormati acara Car Free Day. Hal ini terbukti dengan masih adanya pengendara kendaraan yang melewati ruas jalan  yang menjadi tempat pelaksanaan Car Free Day, kurangnya koordinasi antara pihak Kepolisian, Satpol PP, dan Dishub yang bertanggung jawab atas penutupan jalan, kurangnya partisipasi UKM lokal dalam menampilkan produk-produk unggulannya. Adanya event Car Free Day sebaiknya dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi untuk lebih mengenalkan produk asli dari daerah tersebut agar lebih diterima oleh masyarakat, belum adanya performance art yang ditampilkan oleh pelaku seni lokal, selain hiburan yang ditampilkan oleh sponsor dan penyelenggara.
   Penyelenggaraan Car Free Day masih akan dievaluasi dan diperbaiki kelemahannya di masa mendatang. Beberapa hal yang diharapkan dapat muncul dari event Car Free Day adalah Car Free Day diharapkan lebih rapi dan tertib, dengan demikian tidak ada pengendara kendaraan bermotor dan mobil yang menerobos ruas jalan yang digunakan untuk Car Free Day selama masih berjalannya acara tersebut, Car Free Day menjadi ajang bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) local. untuk mempromosikan produk-produknya agar lebih dikenal masyarakat, Adanya pentas seni dari kelompok seni dan budaya yang ada di masyarakat sehingga lebih membuat suasana Car Free Day lebih hidup dan semarak, Jika memang dirasakan lebih bermanfaat, maka frekuensi kegiatan Car Free Day bisa ditingkatkan menjadi setiap hari minggu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar