HAKEKAT
BELAJAR
Belajar itu melibatkan perubahan
Perubahan yang terjadi ketika belajar
berlangsung mempunyai sebuah aspek arahan
( directional aspect ). Kadang-kadang
menimbulkan suatu perubahan dalam arah cita-cita kehidupan, dan kadang-kadang
justru memperkuat arah cita-cita warga belajar tersebut.
Apabila perubahan iti merubah sama sekali
cara berpikir kita , maka hal ini akan melibatkan perubahan dalam tujuan dan
arah kehidupan kita, maka hal in akan melibatkan perubahan dalam tujuan dan
arah kehidupan kita.
Apa yang kita lakukan sebelumnya kini di
tinggalkan sama sekali. Apabila pengalaman belajar terus membimbing kita dalam
arah yang sama yang kita tempuh selama ini, maka pngalaman-pengalaman belajar
itu memberikan pengalaman-pengalamn baru pada kita dan membantu
kita melihat cara yang kita tempuh itu lebih jelas lagi Proses ini
membantu untuk maju lebih cepat dan lebih jelas ke arah tujuan kita.
Ø Belajar
berlangsung bila ad perubahan-perubahn berikut ini terjadi :
1. Penambahan informasi
2. Pengembangan atau peningkatan
pengertian
3. Penerimaan sika-sikap baru
4. Peroleha penghargaan baru
5. Pengerjaan sesuatu dengan mempergunakan
ap yang telah di pelajari
Ø Kelima
jenis perubahan ini dapat di masukkan ke dalam tiga kategori :
Pengetahuan
( cognitive ),perasaan (Affective ), dan perbutan (Behavioral ).
Hal
ini melibatkan :
1.Apa yang saya tambahkan kepada apa yang saya telah ketahui mungkin
saja kurang pengaruhnya pada diri saya
sebagai orang individu .Mungkin juga menimbulkan pengaruh yang memuskan dengan
makin bertambahnya informasi.
Bagaimanapun juga bertambah banyaknya
informasi itu adalah penting, tetapikepusan dan kegembiraan hanyalah merupakan
awal proses belajar. Ketika informasi tambahan itu telah saya terima, saya
perlu bertanya pada diri sendiri dengan
pertanyaan-pertanyaan berikut :
a. Apa
yang telah terjadi pada diri saya karena saya telah memiliki informasi ini ?
b. Bagaiman
informasi ini membantu saya untuk menolong diri saya sendiri dan orang lain ?
c. Orang
macam apakah saya ini dengan telah memilih informasi ini ?
d. Apakah
saya dalam proses menjadi warga yang lebih efektif terhadap pandangan-pandangan
baru tersebut ?
e. Apakah
saya menjadi lebih bergairah untuk menunaikan tugas sehingga informasi iti
sangat membantu dalam menunaikan tugas saya ?
2.
Bagaimana perasaan saya tentang apa yang saya dengar dan baca itu adalah
jauh lebih penting dari pada hanya
menerima informasi belaka. Reaksi emosional kita terhadap fakta, informasi, dan
gagasan-gagasan adalah penting bagi belajar.
Bagaimana perasaan kita tentang
informasi atau gagasan-gagasan baru akan menentukan apakhah kita akan
mempelajarinya atau tidak.
3. Apa yang saya perbuat akibat
dari apa yang saya dengar dan saya baca adalah merupakan aspek belajar yang
sangat penting. Keterbukaan dan penerimaan gagasan-gagasan baru itu harus
berakibat berupa perbuatan nyata .Saya mesti menjadi orang yang berbeda dengan
memamah apa yang saya dengar dan baca itu serta memperagakannya dalam perbutan.
Hal ini adalah hasil akhir dari belajar.
0 komentar:
Posting Komentar