Diberdayakan oleh Blogger.

sapa'an

Followers

RSS

HAKEKAT BELAJAR



HAKEKAT BELAJAR
Belajar itu melibatkan perubahan
   Perubahan yang terjadi ketika belajar berlangsung mempunyai sebuah aspek arahan
 ( directional aspect ). Kadang-kadang menimbulkan suatu perubahan dalam arah cita-cita kehidupan, dan kadang-kadang justru memperkuat arah cita-cita warga belajar tersebut.
    Apabila perubahan iti merubah sama sekali cara berpikir kita , maka hal ini akan melibatkan perubahan dalam tujuan dan arah kehidupan kita, maka hal in akan melibatkan perubahan dalam tujuan dan arah kehidupan kita.
   Apa yang kita lakukan sebelumnya kini di tinggalkan sama sekali. Apabila pengalaman belajar terus membimbing kita dalam arah yang sama yang kita tempuh selama ini, maka pngalaman-pengalaman belajar itu memberikan pengalaman-pengalamn baru pada kita dan  membantu   kita melihat cara yang kita tempuh itu lebih jelas lagi Proses ini membantu untuk maju lebih cepat dan lebih jelas ke arah tujuan kita.
Ø  Belajar berlangsung bila ad perubahan-perubahn berikut ini terjadi :
1. Penambahan informasi
2. Pengembangan atau peningkatan pengertian
3. Penerimaan sika-sikap baru
4. Peroleha penghargaan baru
5. Pengerjaan sesuatu dengan mempergunakan ap yang telah di pelajari
Ø  Kelima jenis perubahan ini dapat di masukkan ke dalam tiga kategori :
Pengetahuan ( cognitive ),perasaan (Affective ), dan perbutan (Behavioral ).
Hal ini melibatkan :
    1.Apa yang saya tambahkan kepada apa yang saya telah ketahui mungkin saja kurang    pengaruhnya pada diri saya sebagai orang individu .Mungkin juga menimbulkan pengaruh yang memuskan dengan makin bertambahnya informasi.
 Bagaimanapun juga bertambah banyaknya informasi itu adalah penting, tetapikepusan dan kegembiraan hanyalah merupakan awal proses belajar. Ketika informasi tambahan itu telah saya terima, saya perlu bertanya pada diri sendiri  dengan pertanyaan-pertanyaan berikut :
a.       Apa yang telah terjadi pada diri saya karena saya telah memiliki informasi ini ?
b.      Bagaiman informasi ini membantu saya untuk menolong diri saya sendiri dan orang lain ?
c.       Orang macam apakah saya ini dengan telah memilih informasi ini ?
d.      Apakah saya dalam proses menjadi warga yang lebih efektif terhadap pandangan-pandangan baru tersebut ?
e.       Apakah saya menjadi lebih bergairah untuk menunaikan tugas sehingga informasi iti sangat membantu dalam menunaikan tugas saya ?
2.  Bagaimana perasaan saya tentang apa yang saya dengar dan baca itu adalah jauh lebih penting  dari pada hanya menerima informasi belaka. Reaksi emosional kita terhadap fakta, informasi, dan gagasan-gagasan adalah penting bagi belajar.
        Bagaimana perasaan kita tentang informasi atau gagasan-gagasan baru akan menentukan apakhah kita akan mempelajarinya atau tidak.
3. Apa yang saya perbuat akibat dari apa yang saya dengar dan saya baca adalah merupakan aspek belajar yang sangat penting. Keterbukaan dan penerimaan gagasan-gagasan baru itu harus berakibat berupa perbuatan nyata .Saya mesti menjadi orang yang berbeda dengan memamah apa yang saya dengar dan baca itu serta memperagakannya dalam perbutan. Hal ini adalah hasil akhir dari belajar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar