Diberdayakan oleh Blogger.

sapa'an

Followers

RSS

pencemaran udara




PENCEMARAN UDARA
Masalah lingkungan hidup memang bukan persoalan asing untuk bumi ini, tetapi sudah menjadi tanggung jawab seluruhnya terutama pada diri sendiri. Oleh karena itulah berbagai upaya dilakukan orang untuk mencegah tambah rusaknya lingkungan hidup. Seperti dengan diselenggarakannya KTT Bumi, Protokol Kiyoto, dlsb. Bahkan beberapa manusia masih memanfaatkan bahan bakar fosil, berusaha mengurangi efek rumah kaca dengan menggunakan bahan bakar gas alam yang secara ekonomis sangat kompetitif bila dibandingkan dengan penggunaan minyak bumi atau batubara. Hanya sebenarnya gas alam juga tetap menimbulkan CO2, tetapi lebih sedikit bila dibandingkan dengan penggunaan minyak bumi dan batubara. Disamping itu pun gas alam juga menimbulkan methan selama proses penyediaannya, yang kesemua itu dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan.di sini saya akan mengupas tentang kerusakan lingkungan yang terjadi sekarang salah satunya adalah pencemaran udara.dimana pencemaran udara itu adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik,kimiabiologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia,hewan,dan tumbuhanmenganggu estetikan dan kenyamanan atau merusak bumi.
   Pencemaran udara dapat di timbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia.Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi udara,radiasi atau polusi cahaya.
Ø  Sumber polusi udara
 Pencemar udara dapat di bedakan menjadi dua yaitu pencemar primer dan pencemar sekunder.pencemar primer adalah substansi pencemar yang di timbulakn langsung dari sumber pencemaran  udara.salah stu contohnya adalah karbon monoksida itu hasil dari pembakaran.Sedangkan untuk pencemar sekunder adalah substansi pencemar  yang terbentuk dari reaksi-reaksi pencemar primer di atmosfer.pembentukan ozon dalam smog fotokimia adalah  sebuah contoh dari pencemara udara sekunder.
   Belakangan ini tumbuh keprihatinan akan efek dari emisi polusi udara dalam konteks global dan hubungannya dengan pemanasn global yang mempengaruhi karena semakin banyak kegiatan manusia yang menyebabkan polus udara semakin parah seperti makin hari transportasi makin banyak,industri,kebakaran hutan,uap pelarut organik,gas buangan pabrik yang menghasilkan gas yang berbahaya seperti CFC dan lain-lain.
 Ø  Dampak
1 .Dampak kesehatan
      Substansi pencemar yang ada di udara ini dapat masuk dalam tubuh manusia melalui sistem pernafasan.Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar.Partikulat berukuran besar dapat tertahan di saluran pernafasan bagian atas, sedangkan partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru.Dari paru-paru zat pencemar di serap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.Faktanya dam pak kesehatan yang paling banyak di  jumapi adalah ISNA (infeksi saluran nafas atas ), termasuk di antaranya asma,bronkitis,dan gangguan pernapasan lainnya.yang beberapa zat pencemar  ini  di kategorikan sebagai toksik dan karsinogenik.
2. Dampak terhadap tanaman
        Tanaman yang tumbuh di daerah dengan tingkat pencemara udara tingkat tinggi itu dapat terganggu pertumbuhannya dan rawan penyakit,antara lain klorosis,nekrosis, dan bintik hitam.Partikulat yang tedeposisi di permukaan tanaman dapat menghambat proses fotosintesis.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar